Search

Formula Sederhana Bisa Nabung Banyak dan Sedikit Pengeluaran | merdeka.com - Merdeka.com

Formula Sederhana Bisa Nabung Banyak dan Sedikit Pengeluaran Ilustrasi menabung. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/studioVin

Merdeka.com - Berdasarkan laporan baru Morningstar, Lebih Banyak Uang, Lebih Banyak Masalah: Cara Menjaga Gaji Lebih Besar dari Menurunkan Pensiun, kebanyakan orang Amerika tidak menabung cukup untuk masa pensiun. Sehingga adanya kenaikan gaji tidak memberikan banyak pengaruh.

Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang memiliki gaya hidup mewah. Akibatnya, Anda tidak hanya menghabiskan lebih banyak uang sebelum pensiun, tetapi Anda juga akan membutuhkan lebih banyak uang selama pensiun untuk mengikuti gaya hidup baru Anda.

Sementara itu, masih banyak orang yang hanya menyimpan sebagian kecil penghasilannya. Sehingga, meski gajinya naik namun jumlah tabungannya tidak naik signifikan.

Bagaimana Anda bisa menabung lebih banyak? Menghabiskan lebih sedikit adalah solusi yang jelas, meskipun itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Untuk itu, Morningstar memberikan formula sederhana yang bisa diikuti, dilansir CNBC Make It.

1 dari 2 halaman

Aturan Pengeluaran

Jumlah uang yang harus Anda tabung tergantung pada faktor-faktor yang tak terhitung jumlahnya: berapa banyak yang Anda hasilkan, standar hidup Anda, usia Anda dan banyak lagi. Morningstar memodelkan tiga formula tabungan berbeda untuk menemukan yang paling efektif dan mudah digunakan, menggunakan data dari Survei Keuangan Konsumen 2016.

1. Dua kali masa kerja. Jika Anda memiliki masa kerja selama 20 tahun sebelum pensiun, maka Anda hanya bisa menggunakan 40 persen dari gaji, dan sisanya untuk ditabung.

2. Simpan kenaikan gaji Anda sesuai usia. Jika Anda berusia 30 tahun, maka Anda harus menabung jumlah kenaikan gaji Anda sebanyak 30 persen.

Dalam laporan tersebut, cara pertama adalah yang paling efektif dalam hal menabung paling banyak, terlepas dari usia. Jika Anda ingin menerapkan salah satu aturan, pertimbangkan tingkat tabungan Anda saat ini dan apa tujuan Anda.

2 dari 2 halaman

Sesuaikan Kebutuhan

Jika Anda akan mendapatkan kenaikan gaji atau bonus, maka Anda harus menghitung berapa jumlah yang harus ditabung, dan menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari2 sesuai dengan formula di atas. Anda juga bisa menentukan persentase untuk menabung sesuai dengan kebutuhan.

"Titik awal yang baik untuk keluarga, terutama jika keluarga tidak mungkin mendapatkan analisis yang lebih rinci, tetapi idealnya rencana pensiun harus mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan pribadi," kata laporan itu.

Setelah Anda berhasil menyisihkan uang untuk menabung, Anda harus menghindari gaya hidup mewah sehingga rencana ini akan lebih mudah dilakukan. [azz]

Baca juga:
Bingung Pilih Strategi Menabung, Coba Seni Keuangan dari Jepang Ini
Jokowi Minta Nadiem Makarim Ajak Pelajar Gemar Menabung
Tips Menabung untuk Milenial Bisa Berangkat Haji dengan Rp20.000
Waspada, Trik Hemat Ini Justru Bikin Boros
Pembangunan Infrastruktur Tak Perlu Investasi Jika Banyak Orang Menabung

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
January 27, 2020 at 08:00AM
https://ift.tt/30Xq9EP

Formula Sederhana Bisa Nabung Banyak dan Sedikit Pengeluaran | merdeka.com - Merdeka.com
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Formula Sederhana Bisa Nabung Banyak dan Sedikit Pengeluaran | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.