Search

Istana Sebut Banyak Opsi Lokasi Karantina WNI dari China - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Istana Kepresidenan membuka sejumlah opsi lokasi karantina untuk warga negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi di Provinsi Hubei, China, akibat wabah Virus Corona setibanya di Indonesia.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, mengatakan proses karantina secara teknis menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan. Nantinya, pemerintah pusat juga akan melakukan koordinasi dengan gubernur, bupati, dan wali kota masing-masing daerah.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan Dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit, Pendemi Global, dan Kedaruratan Nuklir, Biologi, dan Kimia.
Saat ditanya soal kemungkinan karantina di luar rumah sakit, Fadjroel hanya menyebut bahwa banyak opsi.

"Akan ada banyak opsi dari Kementerian Kesehatan, tapi saya tidak bisa sampaikan. Dalam Inpres Nomor 4 Tahun 2019 juga melibatkan sejumlah kementerian hingga bupati karena akan masuk ke titik-titik tertentu," ungkap Fadjroel, Jumat (31/1).

[Gambas:Video CNN]

Yang pasti, kata dia, pemerintah telah menyiapkan sejumlah rumah sakit yang bisa digunakan untuk proses karantina WNI dari China. Namun, Fadjroel belum bisa memastikan durasi proses karantina itu.

Dia juga menyatakan proses evakuasi akan dilakukan sesegera mungkin sambil menunggu instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, proses administrasi sudah dilakukan untuk memulangkan WNI dari Hubei.

"Ini hubungan antar-negara, Indonesia dengan China. Proses evakuasi kapan dan berapa lama tidak semudah kalau berurusan dengan pemerintah daerah di provinsi di Indonesia," ucap Fadjroel.

Terlebih, mahasiswa di Hubei juga perlu mengurus administrasi di kampusnya masing-masing. Dengan demikian, koordinasi bukan hanya dilakukan antara negara, tapi juga dengan pihak kampus.

"Mereka (mahasiswa) kan tidak bisa dicabut langsung dari universitasnya," imbuh dia.

Saat ini, Fadjroel menyebut ada 243 WNI yang berada di Hubei. Pemerintah belum menetapkan skema evakuasi secara spesifik. Namun, bisa saja evakuasi dilakukan dalam satu kali penerbangan dengan tiga pesawat Hercules.

"Tapi nanti diatur seperti apa, ini masalah teknis. Kalau evakuasi di luar Provinsi Wuhan seperti apa. Apakah nanti WNI yang di Wuhan dan di luar Wuhan dicampur atau seperti apa nanti teknisnya," pungkas dia. (aud/arh)

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
January 31, 2020 at 02:53PM
https://ift.tt/3b16Lv0

Istana Sebut Banyak Opsi Lokasi Karantina WNI dari China - CNN Indonesia
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Istana Sebut Banyak Opsi Lokasi Karantina WNI dari China - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.