Search

Cara Penanganan Awal untuk Sepeda Motor yang Terendam Banjir, Mesin Jangan Langsung Dinyalakan

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah harta benda warga Jakarta dan sekitarnya ikut serta terdampak bencana banjir, yang menerjang sejak Selasa (31/12/2019) hingga saat ini Kamis (2/1/2020).

Tak hanya rumah, kendaraan seperti mobil, sepeda motor juga banyak mengalami mogok karena terendam air.

Dilansir dari Kompas.com, pemilik sepeda motor yang mengalami kejadian tersebut, disarankan untuk tidak menyalakan mesin.

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno motor yang mati usai menerjang banjir, dan langsung dinyalakan setelahnya dapat menimbulkan beberapa masalah.

“Dikhawatirkan kalau baterai atau komponen kelistrikan motor masih banyak air. Sehingga saat dinyalakan, air bisa masuk ke sistem mesin ini tentu akan menyebabkan masalah,” ujar Endro beberapa waktu lalu.

Di samping itu, kejadian banjir pasti menyebabkan tercampurnya oli mesin dengan air. Sehingga proses sirkulasi oli di dalam mesin ikut terganggu.

Baca: Informasi PLN, Listrik Sudah Dinyalakan Mulai Bintaro Sampai Menteng, 3 Ribu Lebih Gardu Padam

Baca: Update Banjir Jakarta, Tinggi Muka Air Kamis 2 Januari 2020 Pukul 08.00 WIB, Waduk Pluit Siaga 2

Baca: Daftar Posko-Posko Kesehatan Terkait Banjir di Jakarta, Jakarta Pusat hingga Jakarta Timur

Endro menyarankan pemilik motor untuk mengeringkan kendaraan secara alami. Jika sudah cukup kering, kendaraan biasanya bisa dinyalakan, namun jangan dipaksakan.

“Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi. Namun jika tidak, segera bawa ke bengkel resmi terdekat,” ucapnya.

“Lalu untuk oli, kalau sudah tercampur air (bisa dilihat dari warnanya), langsung diganti. Jangan menunda pengecekan jika motor sudah terendam banjir dalam waktu yang cukup lama,” kata Endro.

(Kompas.com/Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Penanganan Awal Sepeda Motor yang Terendam Banjir 

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/39A5LxA

January 02, 2020 at 09:49AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Penanganan Awal untuk Sepeda Motor yang Terendam Banjir, Mesin Jangan Langsung Dinyalakan"

Post a Comment

Powered by Blogger.