Search

Cara Memilih Lokasi Usaha supaya Mendatangkan Cuan yang Banyak - Okezone Economy

JAKARTA - Lokasi atau tempat menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam memulai bisnis. Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk berusaha atau berbisnis, di antaranya mal, pusat keramaian seperti pasar dan perkotoan, permuahan, pinggir jalan, ruko, lingkungan sekolah atau kampus, dan sebagainya.

Satu cara memilih lokasi usaha adalah berdasarkan kelompok bisnis. Maksudnya adalah mencari lokasi yang kanan-kirinya menjual produk barang atau jasa sejenis dengan usaha yang akan dijalankan. Tujuannya untuk mendapatkan dan dapat menimbulkan persaingan yang sehat.

Baca Juga: Tips Mulai Bisnis Minyak Wangi, Keuntungannya Capai Rp6 Juta/Bulan

Mengutip buku 25 Usaha Terlaris Modal 1-3 Juta, penulis Sherly, diterbitkan Jogja Great! Publisher (Anggota Ikapi), Minggu (8/3/2020), pemilihan lokasi usaha bisa dilandasi pertimbangan segmen pasar atau target pembeli.

Segmen pasar yang menjadi patokan bisnis atau usaha, di antaranya usia, jenis kelamin, pendapatan, dan lain-lain. Segmen inilah yang menjadi konsep dasar perencanaa usaha. Tanpa segmen yang dituju dan konsep yang jelas dalam menjalankan usaha, dipastikan bisnis Anda sulit mencapai tujuan.

Baca Juga: Ingin Bisnis Budidaya Ikan Lele? Cek Dulu Lokasinya

Jauh-dekatnya lokasi bahan baku dan pemasok juga menjadi pertimbangan penting dalam menentukan usaha. Kedekatan lokasi usaha dengan bahan baku atau pemasok pemilik usaha atau bisnis bisa menekan ongkos kirim, dengan demikian biaya operasional menjadi rendah.

Sah-sah saja kok berkeliling kota sambil melakukan survey lokasi usaha. Keuntungan lainnya dari jalan-jalan seperti ini adalah mengetahui daya beli masyarakat di sekitar lokasi yang Anda bidik, market ekuitas (peluang usaha), sekaligus kisaran harga sewa. Dengan begitu ANda akan mengenal lokasi usaha lebih dalam dan bisa segera menentukan tepat tidaknya menjalankan usaha di tempat tersebut.

Terkait dengan tempat usaha, Anda perlu membuat izin Gangguan ke DInas Perizinan kota setempat. Bawa fotokopi KTP, informasi tentang jenis usaha serta pengantar dari Kelurahan untuk mendapatkan Izin Gangguan (HO) ini.

Persiapan usaha yang lain adalah survey bahan baku atau pemasok, dalam hal kualitas, harga, dan system pembayaran. Jangan samapi harga bahan baku terlalu tinggi sehingga harga produk Anda pun melangit. Pastikan ANda mendapat harga murah dan keualitas baik. Perhatikan juga system pembayarannya. SIstem kredit tentu akan lebih menguntungkan daripada pembayaran cash.

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
March 08, 2020 at 03:40PM
https://ift.tt/38zqe3N

Cara Memilih Lokasi Usaha supaya Mendatangkan Cuan yang Banyak - Okezone Economy
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Memilih Lokasi Usaha supaya Mendatangkan Cuan yang Banyak - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.