Search

Catat! Kasus Baru Covid-19 di China Banyak dari Luar Negeri - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Di saat kasus virus corona yang terjadi melalui penyebaran domestik (domestic cases) berkurang di China, kasus penularan dari luar negeri (imported cases) justru melonjak tajam di negara itu.

Pada Minggu (15/3/2020), China melaporkan 16 imported cases baru Covid-19. Ini merupakan kenaikan tertinggi dalam lebih dari seminggu.

"Kasus infeksi yang melibatkan orang yang datang dari luar negeri dilaporkan di lima provinsi dan kota termasuk Beijing dan Shanghai," kata Komisi Kesehatan Nasional China sebagaimana dilaporkan AFP, Minggu.

Pemerintah kota mengatakan, lima kasus impor yang dilaporkan di Beijing pada Minggu itu terjadi pada para pelancong yang datang dari Spanyol, Italia, dan Thailand. Namun pemerintah tidak memerinci kewarganegaraan pasien.

"Sementara tiga kasus yang diimpor ke Shanghai berasal dari Italia, Prancis dan Spanyol, semuanya warga negara China yang tinggal di Eropa," menurut otoritas Shanghai.

Dengan bertambahnya kasus impor baru itu, total imported cases di China saat ini ada 111 kasus. Sementara itu, kasus domestik baru yang terdeteksi hanya ada empat kasus. "Semuanya di ibukota provinsi Hubei, Wuhan, tempat virus itu pertama kali muncul pada Desember."

Saat ini kasus infeksi virus corona di China masih menjadi yang tertinggi di dunia, yaitu mencapai 80.849 kasus dengan total kematian 3.199 dan 66.928 pasien sembuh. Sementara secara global, kasus terdeteksi pada 159.625 orang. Di mana total korban meninggal adalah 5.960 orang dan sembuh sebanyak 75.957 orang.

Sebelumnya akibat menurunnya kasus di dalam negeri, China telah melakukan berbagai upaya pelonggaran aktivitas warganya. Salah satunya adalah dengan melonggarkan aturan pembatasan yang mencegah orang meninggalkan tempat tinggal dan desa mereka secara bebas. Hal itu sudah dilakukan pemerintah provinsi di Hubei pada Sabtu.

"Semua (otoritas administratif) di masyarakat perkotaan dan wilayah desa yang diklasifikasikan sebagai memiliki risiko rendah, telah menghapuskan manajemen penutupan (lockdown)," kata Liu Dongru, wakil direktur Komisi Kesehatan Hubei, Minggu.

Sebelumnya pada Selasa, otoritas provinsi itu juga telah mengumumkan bahwa orang-orang di daerah berisiko menengah dan rendah akan dapat melakukan perjalanan di dalam provinsi.

[Gambas:Video CNBC]

(res/miq)

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
March 15, 2020 at 08:40PM
https://ift.tt/2vogEmF

Catat! Kasus Baru Covid-19 di China Banyak dari Luar Negeri - CNBC Indonesia
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Catat! Kasus Baru Covid-19 di China Banyak dari Luar Negeri - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.