Search

Perjalanan Umrah Banyak Dikeluhkan Jamaah - Suara Merdeka Solo

umrah-dikeluhkan
Sosialisasi regulasi ibadah haji dan umrah di Solo, Senin (10/3), yang diselenggaran Kanwil Kemenag Jateng. (suaramerdekasolo.com/Vladimir Langgeng)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Perjalanan menjadi keluhan paling banyak yang disampaikan para jamaah yang menunaikan ibadah umrah, yakni hingga 80 persen. Sebanyak 10 persen keluhan berupa penginapan dan 10 persen lagi soal konsumsi.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi regulasi ibadah haji dan umrah di Solo, Senin (10/3), yang diselenggaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah.

Persoalan lain yang muncul dalam sosialisasi itu adalah biro perjalanan haji dan umrah atau PPIU yang dinilai kurang update dan kurang membina SDM-nya. Lantaran banyak persoalan, Kementerian Agama meminta PPIU untuk profesional. Tenaga lapangan harus mampu menjadi pembimbing haji dan umrah.

“Lebih dari itu, PPIU harus bisa membuat konsep jamaah mandiri, yakni menguasai ilmu dan tidak terlalu bergantung pada tim PPIU,” kata Kepala Kemenag Surakarta Nur Mustain.

Sementara itu dari Kanwil Kemenag Jateng lebih banyak menyampaikan persoalan ibadah haji. Menurut Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jateng M Saidun, kuota jamaah haji di Jawa Tengah sebanyak 30.225 jamaah dengan masa tunggu sekitar 25 tahun. Biaya pendaftaran sekitar Rp 32,235 juta.

Meski kuota hanya segitu, kata Saidun, jumlah pendaftar 762.866 jamaah. “Pendaftaran haji sudah bisa dilakukan secara online, tapi pemberangkatan tetap berdasar domisili KTP,” katanya.(Vladimir Langgeng)

Editor : Budi Sarmun

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
March 11, 2020 at 07:21PM
https://ift.tt/2Q6tjSs

Perjalanan Umrah Banyak Dikeluhkan Jamaah - Suara Merdeka Solo
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perjalanan Umrah Banyak Dikeluhkan Jamaah - Suara Merdeka Solo"

Post a Comment

Powered by Blogger.