Search

Serba Banyak di Seblak Teh Erna Semarang - ayosemarang.com

SEMARANGBARAT, AYOSEMARANG.COM -- Seblak, jajanan yang nikmat disajikan dengan rasa pedas, dan memiliki banyak toping menjadi salah satu buruan pecinta kuliner.

Benar saja, makanan yang umumnya berbahan dasar krupuk basah, telur, daging ayam, dan daging sapi ini, saat ini sudah memiliki banyak inovasi varian toping.

Seblak Teh Erna, merupakan salah satu kedai yang menawarkan aneka varian menu dan toping cukup banyak. Total, ada 23 varian menu dan 18 topping seblak. 

Siapa sangka, Kedai yang sudah memiliki 6 cabang di Semarang ini, bermula dari keisengan Erna Kurnia Sari saat menyajikan makanan untuk teman yang datang silaturahmi di rumahnya.

"Saat itu kebetulan juga bisnis minyak goreng yang digeluti suami saya juga alami kebangkrutan. Pas teman-teman saya main, saya sajikan Seblak. Eh ternyata mereka suka. Dan setiap mereka datang ke rumah minta dibuatin seblak," ujarnya saat ditemui Ayosemarang.com di Ruko Bojongsalaman A5, Jalan Pusponjolo Semarang, pada Selasa (17/3/2020).

Berawal dari situ, di tahun 2014, dirinya dibantu suaminya memulai usaha seblak di rumah. 

AYO BACA : Soto Ayam Khas Semarang Ramai Pelanggan Saat Akhir Pekan

"Dulu niatan usahanya cuman bagaimana dapat uang. Dari uang itu bisa dibuat kulakan lagi sama kebutuhan sehari hari saja. Saya yang masak, suami saya yang antar pesanan saat itu," imbuhnya.

Lantaran selalu menjaga kualitas dalam memilih bahan terbaik dalam pembuatannya, seblak milik Erna mulai dikenal banyak orang dan banjir pesanan. Erna juga masih menggunakan teknik ulek dalam meramu bumbunya.

"Wah sampai sekarang mas kalau buat bumbu diulek. Karena pernah dulu itu orderan banyak, saya coba blender. Malah dapat komplain dari pelanggan bahkan pelanggan dekat rumah saat itu, katanya rasanya beda," katanya.

"Serta milih bahan baku. Kami nggak mau kalau pelanggan itu malah kecewa. Jadi dipilih bener. Kalau masalah pemilihan bahan sampai memasak bumbu memang saya juga terjun langsung buat membuatnya. Kalau yang buat antar pesanan ke sana kemari suami saya," tambahnya.

Selain pemilihan dan cara mengolah masakan seblak yang diperhatikannya, masalah Sumber Daya Manusia (SDM) juga mendapat perhatian. Menurutnya, SDM yang unggul sangat menentukan keberlangsungan bisnisnya saat ini.

Seblak Teh Erna pun menjalin kerjasama dengan pihak aplikasi ojek online. Karena itulah, orderan seblak mulai tambah meningkat. 

AYO BACA : Mencicipi Wedang Tahu, Sajian Hangat Khas Semarang

"Nah karena banyak pak ojol (ojek online) parkir di depan rumah, kita dapat komplain dari tetangga, jalan kampung jadi terganggu. Setelah itu kita rencana mencati ruko, dapatnya di Bojong Salaman ini di tahun 2016," terangnya.

Erna menceritakan, sebelumnya dirinya memiliki 11 cabang di Semarang. Namun, lama kelamaan tenan yang masih gerobak tersebut sedikit demi sedikit menjadi kios. 

"Karena semakin banyaknya menu yang kita miliki, jadi memakan tempat. 11 gerobak itu kita ada yang digabung untuk dijadikan kios," ujarnya.

"Sekarang kita punya 6 cabang 2 gerobak 4 ruko. Untuk rukonya, Banjir Kanal, Tlogosari, Daerah Unnes dan Bandungan," tambahnya.

Soal inovasi ide menu, Erna menegaskan jika hal tersebut sangat penting dilakukan untuk membuat pelanggan tidak jenuh dengan menu saat ini. 

"Tentu mas, bahkan kita punya menu untuk satu keluarga. Jadi bisa ramai-ramai kalau makan seblak," tuturnya.

Sementara untuk harga Seblaknya, dirinya patok dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan, untuk menu tertentu dia mematok dengan harga yang dari dulu tidak berubah, yakni Rp10.000.

"Keunggulan kita mungkin kita buka 24 jam ya. Jadi malam itu malah banyak orderan. Kita sehari bisa 200-an porsi. Itu yang kios di Banjir Kanal ini ya. Kalau keseluruhan kita belum bisa hitung semua," katanya.

AYO BACA : Jalan-jalan ke Semarang, Jangan Lupa Cicipi Es Cao Resto Semarang

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
March 17, 2020 at 06:21PM
https://ift.tt/2IZaLiR

Serba Banyak di Seblak Teh Erna Semarang - ayosemarang.com
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serba Banyak di Seblak Teh Erna Semarang - ayosemarang.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.