Search

Cara Melatih Otak untuk Meminimalisir Risiko Pikun di Usia Tua

TRIBUNNEWS.COM - Seiring bertambahnya usia, daya ingat manusia pasti menurun. Maka seseorang yang telah memasuki usia lanjut (lansia) berpeluang besar pikun.

Untuk mengatasi kepikunan agar tidak menjadi parah, ada yang bisa dilakukan oleh para lansia ini yaitu dengan melatih otak mereka.

Dikutip dari npr.org, Jessica Langbaum, spesialis dalam pencegahan alzheimer mengatakan bahwa agar otak tetap tajam dan sehat seseorang harus rutin melatih otot mentalnya.

Ia mengungkapkan, orang-orang yang memiliki banyak interaksi sosial, terutama di usia pertengahan, memiliki risiko yang lebih rendah dari kepikunan di kemudian hari.

Baca: Saat Nenek Pikun Tersesat Hingga 4 Km Dari Rumahnya

Alih-alih menggunakan program pelatihan otak formal, ia hanya menyarankan  melakukan sesuatu hal yang baru dan membuatmu senang karena itu adalah kuncinya.

Jangan lakukan yang membuat kita bosan dan tidak senang, karena itu akan mengurangi daya ingat seseorang.

Berikut latihan otak sederhana untuk lansia yang munkin bisa membuat senang saat melakukannya :

- Buat peta 

Ketika seseorang sering bepergian ke tempat-tempat baru, tentunya ia juga akan mempelajari jalanan yang baru saja ia lewati hingga ia sampai pada tujuannya.

Baca: Tanda-tanda Berbahaya Bagi Penderita Diabetes yang Jalankan Puasa

Dengan berlatih membuat peta sesuai dengan tempat-tempat baru yang dikunjungi tersebut tentunya ia akan dituntut untuk berpikir dan mengingat-ingat nama jalan, gang, serta nama tempat yang digunakan sebagai acuan agar sampai pada tujuan.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2WydNA4

May 11, 2019 at 10:53PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Melatih Otak untuk Meminimalisir Risiko Pikun di Usia Tua"

Post a Comment

Powered by Blogger.