Search

PDIP Klaim Dapat 133 Kursi di DPR RI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan mengklaim behasil memperoleh kursi terbanyak untuk DPR RI periode 2019-2024.

Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan datang yang dihimpun PDIP dari hasil quick count atau hitung cepat dan hitung resmi KPU sementara, pihaknya mendapat 133 kursi di DPR RI.

Hasto pun merinci perolehan suara terbanyak dan mendapatkan kursi ialah PDIP 133 kursi, Partai Golkar dengan 82 kursi, Gerindra 80 kursi, PKB dengan 59 kursi, dan Nasdem dengan 56 kursi.

Dalam hitungan PDIP, lima partai dengan suara terbanyak lainnya ialah Partai Golkar dengan 83 kursi, Gerindra 79 kursi, PKB dengan 55 kursi, NasDem 53 kursi, Demokrat dengan 57 kursi, PKS 52 kursi, PAN 40 kursi dan PPP 23 kursi.

Baca: Menhan: Khilafah Dilarang di Sini, Kalau Tidak Suka Pancasila Ya Keluar

"Lima pimpinan Dewan, dari ketua, kami terima kasih kepada rakyat yang memberi kepercayaan kepada PDI Perjuangan. Empat lainnya, satu dari partai politik pendukung dari Prabowo-Sandi. Dengan demikian, jauh lebih efektif pemerintahan Pak Jokowi-Amin," ucap Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Pengeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Selain itu, Hasto menyebut, PDI Perjuangan optimistis seorang anggota Dewan mereka akan menjabat Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Hal itu akan merujuk hasil resmi KPU yang memenangkan PDI Perjuangan.

Lebih lanjut, Hasto menyebut sesuai dengan UU MD3, Ketua DPR RI berasal dari partai dengan perolehan suara terbanyak.

Baca: Kubu Jokowi Sindir Prabowo yang Ketemu Khusus Wartawan Asing: Sudah Gak Percaya Media Nasional?

"Sekarang sudah selesai UU MD3 satukan suara rakyat dengan apa yang terjadi di parlemen, di DPR RI. UU MD3 punya kekuatan hukum jadi landasan kita bersama," kata Hasto.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2WuY84h

May 08, 2019 at 05:49PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PDIP Klaim Dapat 133 Kursi di DPR RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.