Search

Saksi Ahli Sebut Proses Hukum Terhadap Investasi Blok BMG Rugikan Eksplorasi Migas

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menggelar sidang lanjutan kasus korupsi investasi di Blok Baskar Manta Gummy (BMG), Australia 2009 yang menjerat terdakwa mantan Direktur Utama PT Pertamina (persero), Karen Agustiawan.

Pada Jumat (10/5/2019) ini, sidang beragenda pemeriksaan saksi. Wakil Ketua Umum (Ketum) Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI), Hadi Ismoyo‎, memberikan keterangan sebagai saksi di persidangan.

Dia mengungkapkan upaya proses hukum terhadap jajaran direksi PT Pertamina (Persero) karena mengakuisisi participating interest (PI) 10% Blok BMG Australia ke ranah tindak pidana korupsi sangat mengerikan dan meresahkan bagi praktisi migas.

Menurut dia, kasus yang terjadi saat ini karena persoalan-persoalan teknis yang terjadi, discovered atau dry hole atau suspend itu adalah proses bisnis.

Baca: Mayjen (Purn) Kivlan Zen Ditangkap? Berikut Penjelasan Polri

Baca: Apa Efek Pergantian Pelatih Jelang Kompetisi Bagi Persib? Ini Kata Kim Jeffrey Kurniawan

Baca: Mayjen (Purn) Kivlan Zen Dicegah ke Luar Negeri Terkait Kasus Dugaan Makar

Dia melanjutkan, karena itu kegiatan bisnis yang dilakukan hari demi hari ditarik ke ranah pidana, khususnya korupsi maka membuat ‎para engineer menjadi takut melakukan eksplorasi.

"‎Kalau ini dimasukkan ke ranah hukum akan menjadikan kami semakin takut melakukan kegiatan-kegiatan eksplorasi ke depan," kata dia, saat memberikan keterangan di persidangan, Jumat (10/5/2019).

Dia menjelaskan, upaya akuisisi IP 10% Blok BMG oleh Pertamina dari ROC ‎secara teknis sudah benar. Sebab, menurut dia, tidak dapat menjamin apakah migas akan keluar.

"Tapi itulah bagian risiko dari bisnis. Kenapa kita dapat minyak, kita terus melakukan eksplorasi. Ada yang berhasil dan gagal, 10:1. Satu ini bisa biayai yang 10," kata dia.

Namun, apabila tidak melakukan upaya, kata dia, produksi minyak nasional diprediksi menurun dan menuntut ditemukan cadangan-cadangan baru untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VgOfWu

May 10, 2019 at 10:02PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saksi Ahli Sebut Proses Hukum Terhadap Investasi Blok BMG Rugikan Eksplorasi Migas"

Post a Comment

Powered by Blogger.