Search

Bupati Sebut Banyak Hoaks Beredar Soal Corona di Pamekasan - CNN Indonesia

Pamekasan, CNN Indonesia -- Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Badrut Tamam menyebut bahwa beragam kabar terkait virus corona Covid-19 yang sudah melanda warganya adalah hoaks.

Badrut mengaku kerap mendapat kabar warganya terjangkit virus corona Covid-19. Kabar itu masuk melalui pesan berantai yang kemudian ia terima.

"Ada beberapa chat suara masuk ke saya, bahwa di beberapa desa banyak terinfeksi virus corona, itu semuanya hoaks," kata Badrut Tamam, Minggu (22/3).


"Di kabupaten ini (Pamekasan), belum ada yang terpapar virus corona. Ini didapat dari informasi rumah sakit dan dokter yang menangani," katanya.
Badrut mengisahkan, banyak warga Pamekasan disebut merasakan gejala. Namun ia menyebut kepastian bahwa gejala tersebut adalah penyakit Covid-19 atau bukan, hanya bisa diketahui melalui uji laboratorium yang dilakukan dokter juga rumah sakit.

Menurut laporan kejadian kasus virus corona Covid-19 Pemprov Jawa Timur yang diakses pada Minggu (22/3) pagi, Kabupaten Pamekasan belum ada kasus positif Covid-19 meski ada satu pasien dalam pengawasan (PDP) dan 34 orang dalam pengawasan (ODP).

"Yang tahu bahwa terpapar di bawah pantauan itu dokter. Saya pun sebagai Bupati tidak tahu, kecuali dokter, dan dokter itu sampelnya mengambil dari laboratorium," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pamekasan sendiri telah membentuk Satgas Covid-19 untuk mencegah dan mengawasi segala aktivitas masyarakat yang terindikasi mau pun terinfeksi virus corona yang terdiri dari Sekretaris Daerah, Direktur Rumah Sakit, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala BPBD.


Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Pamekasan melakukan tes virus corona terhadap seorang pasien yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Slamet Martodirdjo pada Jumat (20/3). Satgas Covid-19 Pamekasan akan membawa spesimen pasien ke Surabaya, Jawa Timur.

"Kami akan uji laboratorium dulu, apakah benar terinfeksi virus corona," kata Bupati Pamekasan Badrut Tamam di Pendopo Ronggo Sukowati, Jumat (20/3) malam.

Badrut mengatakan pasien yang meninggal itu masih berusia belasan tahun. Pasien ini pernah tinggal di Malang, Jawa Timur. Namun karena sakit keluarganya meminta untuk dibawa pulang.

[Gambas:Video CNN]

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengumumkan pada Sabtu (21/3) bahwa kini jumlah warganya yang terkonfirmasi positif corona secara kumulatif menjadi 26 orang.

Khofifah menyebut penambahan pasien paling banyak terjadi di Surabaya, yakni sebanyak 20 orang. Sebelumnya pasien positif corona di kota yang dipimpin Tri Rismaharini itu hanya 13 orang.

Ia menyatakan pasien baru positif corona ditemukan di Kabupaten Magetan sebanyak 3 orang dan Sidoarjo 1 orang. Sementara kasus di Malang Raya masih tetap 2 orang.

[Gambas:Instagram]

(nrs/end)

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
March 22, 2020 at 08:44AM
https://ift.tt/3969kdn

Bupati Sebut Banyak Hoaks Beredar Soal Corona di Pamekasan - CNN Indonesia
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bupati Sebut Banyak Hoaks Beredar Soal Corona di Pamekasan - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.