Search

Cegah Corona, 10 Wisatawan Asing Jalani Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Masuk Pulau Banyak - Waspada Aceh

Para wisatawan asing usai menjalani pemeriksaan Tim PORA di Dermaga Pulo Sarok Singkil, Jumat (6/3/2020). (Foto/Arief H)

Singkil (Waspada Aceh) – Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Aceh Singkil melakukan pemeriksaan terhadap wisatawan asing yang hendak memasuki ke Pulauan Banyak, Jumat (6/3/2020).

Sepuluh warga negara asing (WNA) dengan tujuan wisata ke Pulau Palambak dan Pulau Sikandang Kepulauan Banyak itu, diperiksa kesehatannya saat hendak menyeberang melalui Dermaga Pulo Sarok Kec. Singkil Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Para wisatawan asing itu masing-masing berasal dari negara Republik Ceko dan 3 kewarganegaraan Polandia dengan tujuan wisata Pulau Palambak.

Sementara enam lainnya berasal dari negara Slovensca, Polandia dan 4 orang dari Cheko tujuan Pulau Sikandang.

Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Bakesbangpol Aceh Singkil, Mardiah mengatakan, tim PORA akan terus melakukan pengawasan terhadap para wisatawan asing yang akan memasuki objek wisata di Kabupaten Aceh Singkil.

Dalam pemeriksaan dan pengecekan identitas WNA tersebut, tim PORA turut mendata tujuan masuk dan kapan akan berakhir kunjungan mereka.

Saat diperiksa, para WNA itu juga menunjukkan Surat Kesehatan (healt certificate) yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan yang berwenang dari negara mereka masing-masing.

Di samping itu, saat diinterogasi, para WNA ini juga mengaku diperiksa ketika memasuki Bandara Kuala Namu Medan, sebelum menuju Aceh Singkil. “Mereka bawa sertifikat kesehatan dari negaranya dan pemeriksaan di Bandara. Sehingga dipastikan mereka sehat dan aman dari virus Corona,” ucap Mardiah.

Usai pemeriksaan para WNA langsung menyeberang ke Pulau Banyak dengan Kapal Motor Ella Rezeki.
Pemeriksaan dilakukan sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini dan cegah dini dalam rangka mengantisipasi terjadinya penularan dan penyebaran lebih lanjut terkait wabah virus Corona.

Hal itu sesuai dengan surat imbauan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor:300/1514/POLPUM, yang ditujukan kepada seluruh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya penanggulangan wabah virus Corona (Covid-19).

Mardiah juga menyebutkan, kegiatan pengawasan yang dilakukan masih belum maksimal dilakukan, lantaran anggaran yang diplotkan untuk tim PORA saat ini masih terbatas dan sangat jauh dari memadai.

Selain dari Badan Kesbangpol, pemeriksan turut didampingi Camat Pulau Banyak Barat, Mawardi, personil Pos TNI AL Aceh Singkil, Dinas Pariwisata Aceh Singkil, personil TNI Kodim 0109/Singkil serta Dinas Perhubungan Aceh Singkil. (Arief)

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
March 07, 2020 at 07:42AM
https://ift.tt/2ItvGKV

Cegah Corona, 10 Wisatawan Asing Jalani Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Masuk Pulau Banyak - Waspada Aceh
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Corona, 10 Wisatawan Asing Jalani Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Masuk Pulau Banyak - Waspada Aceh"

Post a Comment

Powered by Blogger.