Search

Bahasa Inggris, Kendala Skuat Garuda Select Selama di Inggris: Bilang Mengerti Tapi Salah Praktik

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga dari Inggris

TRIBUNNEWS.COM, BIRMINGHAM - Kemampuan berbahasa Inggris masih menjadi kendala skuat Garuda Select dalam menyerap ilmu pelajaran sepak bola selama belajar di Inggris.

24 pemain Garuda Select yang diseleksi dari elite pro acedemy U-16 berlatih di Birmingham, Inggris sejak Januari 2019 di bawah asuhan legenda Timnas Inggris, Des Walker dan Dennis Wise.

Kemampuan berbahasa Inggris tersebut diakui pelatih I Gde Mahatma Dharma menjadi satu kendala. Coach Dede adalah salah satu pelatih yang diikutkan PSSI belajar di Inggris.

"Sebenarnya di sana masih ada kekurangannya kita tidak banyak anak-anak yang paham Bahasa Inggris," ungkap Coach Dede.

Di Inggris, latihan skuat Garuda dipimpin pelatih Des Walker dan Dennis Wise sementara tiga kiper Ernando Ari Sutaryadi, Risky Sudirman dan Ahludz Dzikri Fikri dilatih pelatih kiper Mark Philips.

Selain itu juga ada staf pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons dan fisioterapi Jessi Birch-Machin. Semua mereka menggunakan Bahasa Inggris berbicara kepada Garuda Select.

Coach Dede mengaku pernah mendengar seorang pemain mendapat instruksi dari pelatih. Ketika ditanya Coach Dede, pemain tersebut mengaku mengerti maksud pelatih.

"Kamu paham? ngerti? (dijawab) ngerti coach. Bagaimana? (dijawab) begini. Oh bukan, bukan itu," ungkapnya Coach Dede.

Sebenarnya Dede pernah mencoba menjadi penerjemah pemain Garuda Select dengan Den Walker dan Dennis Wise. Akan tetapi, Den Walker melarang agar para pemain belajar.

"Akhirnya kadang-kadang nggak nyampe juga. Apa yang saya tangkap itu tidak terjadi di lapangan. Mungkin si Des (Walker) juga omongnya terlalu cepat. Itu sih masalah bahasa kendala banget," ungkap pelatih terbaik kompetisi elite pro academy U-16 tahun 2018.

Di lapangan dua tim dari Supersoccer (program Garuda Select merupakan kerja sama PSSI dengan super soccer) mendampingi Garuda Select. Mereka terlibat membantu pemain menerjemahkan instruksi pelatih atau staf.

Kemampuan berbahasa Inggris skuat Garuda Select memang diakui pelatih Garuda Select. Seorang pelatih Garuda Select mengungakapkan ada pemain yang hanya menjawab instruksi atau pertanyaannya dengan ya, tidak dan oke.

Walau demikian, Coach Dede mengaku sebagian dari pemain tersebut cukup baik dalam berbahasa. 

Namun menurut Coach Dede, itu belum cukup memadai. Para pemain tersebut menjadi jembatan antara pelatih dengan pemain-pemain lainnya.

Dede berharap untuk program Garuda Selanjutnya agar para pemain diberikan pembakalan bahasa terlebih dahulu.

"Mungkin bisa juga ke depannya anak-anak yang berangkat ini melalui tes Toefl dulu lah. Harus nyerahin tes toefl 4 bulan terakhir," pungkas pelatih terbaik kompetisi elite pro academy U-16 tahun 2018 tersebut.

Garuda Select akan menjalani pertandingan pamungkan lawan Chelsea U-16 pada Sabtu (11/5/2019). Laga tersebut berlangsung di London dan berlangsung pukul 17.00 WIB.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2J8A704

May 08, 2019 at 06:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahasa Inggris, Kendala Skuat Garuda Select Selama di Inggris: Bilang Mengerti Tapi Salah Praktik"

Post a Comment

Powered by Blogger.