Search

Sempat Diputus PLN, Aliran Listrik Bandara di Banggai Sudah Normal Kembali

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara menyatakan jaringan aliran listrik di Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang sempat terputus telah tersambung kembali sejak Rabu (8/4/2019) kemarin.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti menyatakan permasalahan pemutusan jaringan listrik telah diselesaikan, pihak Ditjen Hubud melakukan koordinasi dengan PT PLN (Persero).

“Kami melakukan langkah cepat untuk mengatasi hal tersebut dan membayar tagihan,” kata Polana melalui keterangan resmi, Kamis (9/5/2019).

Menurut Polana, pemutusan jaringan listrik yang dilakukan pihak PLN tidak berdampak terhadap operasional penerbangan karena pihak Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) memiliki genset dengan kapasitas 500 KVA dan d 250 KVA.

Baca: Menhub: Besaran Penurunan TBA Tiket Pesawat Diputuskan Senin Pekan Depan

Baca: Sederet Fakta Rencana Demo Kivlan Zen dan Eggi Tuntut KPU-Bawaslu

“Untuk operasional kebutuhan pelayanan bandara, setiap bandara memiliki genset sebagai cadangan apabila aliran listrik PLN putus sehingga operasional di bandara tetap berlangsung normal,” jelasnya.

Dalam keterangan yang sama, Plt Kepala UPBU Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Alek Rudi Nainggolan memastikan pemutusan aliran listrik oleh PT PLN telah teratasi.

"Aliran listrik yang sempat terputus sudah tersambung kembali pada pukul 12.30 WIT," ucapnya.

Dia menjelaskan, pelayanan di bandara berlangsung normal menggunakan genset untuk mensuplai kebutuhan listrik dibandara, saat ini bandara memiliki genset dengan kapasitas 500 KVA dan genset cadangan dengan kapasitas 250 KVA yang dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan vital di lokasi bandara.

“Apabila ada kerusakan pada Genset 500 KVA, maka kita akan menghidupkan genset yang kedua sebagai backup utama dengan daya 250 KVA," kata Alek.

"Genset tidak bisa men-cover secara keseluruhan, hanya bisa men-cover peralatan yang sifatnya esensial, yaitu alat komunikasi Airnav , AFL dilandasan, penerangan di terminal dan X-ray untuk keamanan,” imbuhnya.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VqK13q

May 09, 2019 at 01:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sempat Diputus PLN, Aliran Listrik Bandara di Banggai Sudah Normal Kembali"

Post a Comment

Powered by Blogger.