Search

KPK Duga Pejabat Kemenag Terlibat dan Kerja Sama dengan Romahurmuziy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengantongi bukti dan informasi dugaan keterlibatan sejumlah pejabat Kementeriaan Agama (Kemenag) dalam kasus dugaan jual-beli jabatan di Kemenag yang menjerat mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Lembaga antikorupsi sedang mempertajam bukti dan informasi tersebut.

"Siapa pihak Kemenag yang juga ikut terlibat dan kerja sama dengan RMY (Romahurmuziy). Siapa orang tersebut belum bisa disampaikan karena masih dalam proses penyidikan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2019).

Selain Romy, sapaan Romahurmuziy, KPK juga menetapkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim) Haris Hasanuddin sebagai tersangka kasus jual-beli jabatan di Kemenag.

Baca: KPK Duga Temuan Uang di Ruang Kerja Menteri Agama Terkait Suap Jual Beli Jabatan

Dalam kasus ini, Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin diduga telah menyuap Romy untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag.

Haris saat itu mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. Sedangkan Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Untuk memuluskan proses seleksi jabatan tersebut, Haris mendatangi kediaman Romy dan menyerahkan uang sebesar Rp 250 juta pada 6 Februari 2019, sesuai dengan komitmen sebelumnya.

KPK saat itu menduga telah terjadi pemberian suap tahap pertama.

Pada pertengahan Februari 2019, pihak Kemenag menerima informasi bahwa nama Haris Hasanuddin tidak diusulkan ke Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saefuddin. Pasalnya, Haris diduga pernah mendapatkan hukuman disiplin.

KPK menduga telah terjadi kerjasama antara pihak-pihak tertentu untuk tetap meloloskan Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2UzrCjQ

April 06, 2019 at 12:07AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPK Duga Pejabat Kemenag Terlibat dan Kerja Sama dengan Romahurmuziy"

Post a Comment

Powered by Blogger.