Search

Jelang Bulan Suci Ramadan, Jusuf Kalla Dorong Gerakan Masjid Bersih

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mendorong Gerakan Masjid Bersih diselenggarakan jelang bulan suci Ramadan ini.

Bekerja sama dengan Unilever, Dewan Masjid Indonesia (DMI), menyelenggarakan kegiatan "Bersih-bersih Masjid Serentak di 2000 masjid di 13 kota di Pulau Jawa", yang dilakukan untuk ketiga kalinya sejak tahun 2017 lalu.

Baca: Ketika Wapres Jusuf Kalla Terpikat Keindahan Arsitektur Masjid Dongzhimen Beijing

"Kita (DMI) lebih baik merubahnya lebih jelas masjidnya, menjadi Gerakan Masjid bersih. Bersih-bersih itu cenderung kurang serius, kita mendukung seluruh mesjidnya, jadi bukan bersih-bersihnya yang penting, tapi bagaimana mesjidnya itu bersih karena memang tentu harus demikian," ujar JK dalam sambutannya, di Istana Wapres Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2019).

Ia berharap, gerakan bersih-bersih Masjid tak hanya menciptakan masjid yang lebih bersih dan nyaman secara fisik untuk beribadah.

Namun, materi dan penyampaian yang bebas dari paham radikalisme juga harus diperhatikan oleh pengurus masjid.

JK mengatakan, pengurus masjid dapat terlebih dahulu menyaring nama-nama pengisi ceramah sebelum berdakwah di masjid.

"Khotib, fungsi daripada kiai, ustad, untuk memberikan tauziah atau ceramah untuk membersihkan jiwa, itulah ibadah. Oleh DMI disaring dengan baik, yang dapat memberikan tauziah yg baik untuk mencegah terjadi katakanlah yang disebut radikalisme," jelas dia.

Kegiatan "Bersih-bersih Masjid" diketahui telah melibatkan 90.000 sukarelawan dan 3.000 masjid sejak tahun 2017.

Baca: 7 Masjid Tertua di Dunia yang Jadi Saksi Sejarah Perkembangan Islam

"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Unilever melihat momen Ramadan menjadi momen penting masyarakat Indonesia. Dan kami berkomitmwb untuk memberikan pengalaman Ramadan itu," ujar Governance & Affairs Director, Corporate Secretary PT. Unilever Indonesia Tbk, Sancoyo Antarikso.

Tahun 2019 ini, kegiatan "Bersih-bersih Masjid Serentak" diberi penghargaan MURI untuk kategori Membersihkan Lantai Masjid Terbanyak secara Serentak.

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VvlJ7S

April 30, 2019 at 06:24PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang Bulan Suci Ramadan, Jusuf Kalla Dorong Gerakan Masjid Bersih"

Post a Comment

Powered by Blogger.