Search

Pengamat: ICW Sudah Keterlaluan Sebut Kehancuran KPK Disponsori Jokowi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandangan Indonesia Corruption Watch (ICW)  sangat prematur, terburu-buru dan emosional dalam menilai kondisi terkini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan pengamat Komunikasi Politik, Emrus Sihombing dalam rilisnya kepada Tribunnews.com, Senin (30/12/2019).

Menurut ICW, Firli Cs adalah pimpinan KPK paling buruk sepanjang sejarah.

Bahkan ICW juga menilai bahwa, ini tahun kehancuran bagi KPK, yang benar-benar disponsori oleh Istana atau Presiden Jokowi dan anggota DPR periode 2014-2019 dan 2019-2024.

"Pandangan dan penilaian tersebut, menurut saya sudah melampaui kewajaran, baik dari aspek dugaan pelanggaran hukum maupun ketidak taatan pada prinsip dan proses ilmiah," ujar  Emrus.

Baca: ICW: 2019 Tahun Kehancuran KPK yang Disponsori Presiden dan DPR

Karena itu, terhadap pandangan dan penilaian ICW tersebut, Emrus menyarankan kepada Biro Hukum Kepresidenan, Biro Hukum DPR-RI dan Biro Hukum KPK secara terpisah melakukan pengkajian untuk mengurai apakah ada unsur dugaaan pelanggaran hukum.  

Jika hasil kajian menunjukkan memenuhi unsur sebagai dugaan pelanggaran hukum, maka tiga biro hukum tersebut secara terpisah  harus melaporkannya kepada aparat penegak hukum. 

"Ini tidak boleh dibiarkan. Tidak ada yang kebal hukum dengan alasan apapun, baik terhadap yang menamakan dirinya sebagai organisasi anti korupsi," ucapnya.

Sebagai contoh, ungkapan bahwa kehancuran bagi KPK, yang benar-benar disponsori oleh Istana atau Presiden Jokowi dan anggota DPR periode 2014-2019 dan 2019-2024, menurut dia, mengandung makna yang sangat berpotensi merendahkan Lembaga Kepresidenan-RI dan institusi DPR-RI. 

"Ini, menurut saya, ICW sudah sangat keterlaluan," jelasnya.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/367qy9j

December 30, 2019 at 09:32AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengamat: ICW Sudah Keterlaluan Sebut Kehancuran KPK Disponsori Jokowi"

Post a Comment

Powered by Blogger.