Search

Forum Santri Sebut Sarung dan Peci sebagai Identitas Nasional

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kongres Santri dan Rapat Kerja Forum Santri Nasional (FSN) I yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) telah berakhir.

Di sela penyelanggaran acara itu juga digelar Ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2019.

"Kebetulan agenda Raker FSN juga sudah selesai. Ke depan, mudah-mudahan FSN juga bisa turut serta dalam IFW, karena banyak juga potensi di bidang desain busana, modelling maupun fotografinya," ujar Katib Amm FSN, Gus Mashudi Abdurrahman dalam keterangan persnya, Senin (1/4/2019).

Menurut dia ajang ini positif untuk mempromosikan busana tradisional dan potensi wisata di Indonesia yang bisa menjadi tren mode nasional bahkan internasional.

"Sarung dan peci kan sudah jadi salah satu dari identitas nasional. Bahkan Bung Karno dan para Founding Father Indonesia, dulu menjadikan Peci sebagai busana resmi saat melakukan kunjungan ke berbagai negara,” kata dia.

Baca: Hadiri Kampanye PDI-P, Maruf Amin Bakal Disambut 2000 Peci dan Sarung

Selain menjadi identitas nasional, menurut dia, kopiah juga menjadi ciri budaya keagamaan seseorang.

Warisan budaya leluhur ini terus dipakai sebagai identitas sekaligus estetika.

Bagi laki-laki, peci kopiah bukan hanya menjadi pelengkap pakaiannya ketika busana beribadah, saja atau hanya sekadar dipakai untuk melindungi kepala dari terpaan langsung sinar matahari. "Bagi bangsa yang beragama. Lebih dari itu, kopiah digunakan untuk menyatakan diri sebagai muslim sekaligus menandakan sebuah gaya hidup yang agamis," ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Kongres Santri dan Wakil Rais Amm FSN, Gus Arif Rahmansyah Marbun mengungkapkan Kongres pertama FSN menghasilkan sejumlah rekomendasi untuk memperkuat kapasitas santri dan kelembagaan pesantren.

"Penguatan kapasitas santri itu melalui pelatihan life skill dan pengembangan minat dan bakat santri, termasuk di bidang desain grafis, desain busana dan lain-lain. Kita perkuat SDM santri. Kita kobarkan cita-cita FSN sebagai poros baru kemasyarakatan dan kebangsaan," ujar dia. 

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FVbiBM

April 04, 2019 at 12:02AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Forum Santri Sebut Sarung dan Peci sebagai Identitas Nasional"

Post a Comment

Powered by Blogger.