Search

Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Penggunaan Make-up Agar Bayi Tidak Alami Kelainan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perempuan dan make-up nampaknya sudah menjadi kesatuan.

Tapi saat sedang hamil sebaiknya menghindari penggunaan produk kosmetik terlebih dulu.

Pasalnya ada kandungan pada produk make up yang bila digunakan pada saat hamil dapat membawa pengaruh buruk pada perkembangan bayi di dalam kandungan.

Dokter Spesialis Anak, dr. Melanie Yudiana Iskandar SpA, menjelaskan efek negatifnya bisa menimbulkan kelainan kongenital atau kelainan struktur atau fungsi anggota badan pada bayi.

“Nanti gangguan di bayinya ada congenital anomalies, masalah bentuk tubuh ada ngaruh ke sana,” tutur dr. Melanie saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2019).

Baca: Luncurkan Lip Cream, Tya Ariestya Jadikan Ibu Hamil dan Menyusui sebagai Model

dr. Melanie menyebutkan kandungan pada makeup yang berbahaya bagi bayi diantaranya adalah retinol yang mengandung vitamin A dan biasa digunakan pada cream wajah.

Kemudin kandungan lainnya pada makeup yang harus dihindari ibu hamil adalah hidrokuinon yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit.

“Saya gak tahu pasti di satu lipstik kandungannya apa saja, cuman kalau harus dihindari ya paling sering retinol sama hydroquinone,” ungkap dr. Melanie.

Adapun efek negatif tersebut bisa berdampak pada bayi di kandungan karena make up tersebut menempel pada wajah dan terserap ke dalam tubuh sehingga bermasalah pada tubuh jabang bayi.

“Bahan kimia kan terserap, apapun yang ditempelkan ke kulit kita ke badan ada bahan kimia masuk ke pembulu darah bisa mempengaruhi juga,” pungkas dr. Melanie.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FMhbAb

April 04, 2019 at 01:46AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Penggunaan Make-up Agar Bayi Tidak Alami Kelainan"

Post a Comment

Powered by Blogger.