Search

3 Proyek yang Diusulkan Pemerintah Indonesia dengan Cina Tidak Peka dengan Isu Lingkungan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajer Kampanye Keadilan Iklim Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yuyun Harmono menyebut tiga dari 28 proyek yang diusulkan pemerintah Indonesia dalam Proyek Belt and Road Initiative (BRI) dengan Cina tidak peka terhadap lingkungan.

Hal itu karena tiga proyek yang diusulkan tersebut masih terdapat proyek-proyek listrik energi kotor batubara.

Hal itu disampaikan Yuyun saat konferesi pers WALHI di Ruang Media Center WALHI Jalan Tegal Parang Utara No. 14 Mampang, Jakarta Selatan pada Senin (29/4/2019).

"Pertama PLTU batubara berkapasitas 1.000 Mw Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI), Tanah Kuning, Mangkupadi di Kalimantan Utara," kata Yuyun

Proyek kedua adalah PLTU batubara berkapasitas 2 x 350 Mw di Celukan Bawang, Bali.

"Ketiga PLTU Mulut Tambang Kalselteng tiga berkapasitas 2 x 100 Mw dan Kalselteng 4 berkapasitas 2 x 100 Mw," kata Yuyun.

Dari tiga proyek yang diusulkan tersebut, ia mengatakan pemerintah Indonesia tidak memiliki sensitifitas terhadap isu lingkungan. 

Baca: Demokrat Dikabarkan Merapat ke Kubu Jokowi, BPN: Koalisi Indonesia Adil Makmur Masih Solid

"Artinya kemudian pemerintah Indonesia tidak punya sensitifitas terkait lingkungan hidup dan perubahan iklim. Buktinya pemerintah masih mengusulkan PLTU batu bara," kata Yuyun.

Berikut 28 proyek yang diusulkan pemerintah Indonesia dalam kerangka kerja sama BRI dengan Cina berdasarkan catatan WALHI:

Proyek di Sumatera Utara

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2IMrmIX

April 29, 2019 at 01:43PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Proyek yang Diusulkan Pemerintah Indonesia dengan Cina Tidak Peka dengan Isu Lingkungan"

Post a Comment

Powered by Blogger.