Search

Indonesia Jadi Sponsor Konsensus Global Perangi Terorisme

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Indonesia mendukung penuh pengesahan resolusi Sidang Majelis Umum (SMU) PBB untuk memerangi terorisme dan tindakan kekerasan yang dimotivasi kebencian terhadap agama, di New York pada 2 April 2019 lalu.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan saat ini tidak ada satu negara pun yang terbebas dari kasus rasisme.

"Tidak ada satu pun negara yang terbebas dari rasisme, intoleransi, dan kebencian" ujar Retno Marsudi dalam keterangannya, Kamis (4/4/2019).

Baca: Partai Erdogan tak bisa terima kekalahan, kata pemenang pilkada Turki di Istanbul

Menurut Retno Marsudi diperlukan aksi bersama untuk mendorong dialog global yang mempromosikan toleransi dan perdamaian.

Ia melanjutkan, upaya tersebut termasuk memajukan dialog antar agama dan antar peradaban di dunia.

"Sebagai negara yang terdiri dari berbagai ras, suku etnis, dan agama, Indonesia menyampaikan kesiapannya untuk berbagi pengalaman mengenai kultur kebhinekaan yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia," kata mantan Dubes RI untuk Belanda ini.

Baca: Zodiak Hari Ini: 5 Zodiak yang Paling Benci Keramaian, Cancer Anak Rumahan

Indonesia diketahui, menjadi satu dari co-sponsor resolusi yang dengan tegas menyikapi aksi terorisme di Christchurch, Selandia Baru pada tanggal 15 Maret 2019.

Indonesia mengecam keras aksi terorisme yang menyebabkan 50 korban meninggal, termasuk satu orang warga negara Indonesia, serta puluhan korban lainnya cedera.

Sebelumnya, pada tanggal 15 Maret 2019, Indonesia bersama Kuwait telah mensponsori Press Statement Dewan Kemanan PBB yang mengutuk terorisme tersebut.

Baca: Mengintip Koleksi Tas Mewah Tessa Mariska, Pedangdut yang Berseteru dengan Nikita Mirzani

Diharapkan dengan resolusi SMU PBB yang telah disahkan melalui konsensus ini, mempertegas upaya Indonesia memerangi terorisme didukung banyak pihak

"Kami Indonesia apresiasi kepada pimpinan dan masyarakat Selandia Baru yang cepat bereaksi dan menunjukkan solidaritasnya terhadap umat Muslim pasca aksi terorisme di Christchurch," ujar Retno.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2WK4yw7

April 04, 2019 at 08:40PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Jadi Sponsor Konsensus Global Perangi Terorisme"

Post a Comment

Powered by Blogger.