Search

Kehadiran Revolusi Industri 4.0 Ditandai Dengan Otomatisasi dan Digitalisasi.kata Budi Karya Sumadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Presidium II Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) sekaligus Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengajak kepada para millenial untuk mengembangkan segala potensinya demi menyongsong ekonomi kreatif di era Revolusi Industri 4.0.

“Saat ini Indonesia tengah bersiap menghadapi Revolusi Industri 4.0. Anak-anak muda, kaum Millenial harus kreatif. Ini untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas industri nasional,” ungkap Budi Karya kala membuka acara seminar dan dialog nasional keempat yang digelar Himpuni di Hall D2 Jakarta International  Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/20199), yang mengangkat  tema “Milenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0.”

Menurutnya, Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana terjadi konektivitas secara nyata antara manusia, mesin, dan data. Artinya, kehadiran Revolusi Industri 4.0 ini ditandai dengan otomatisasi dan digitalisasi.

“Jadi nantinya semua industri mengharapkan adanya otomatisasi guna mendorong bisnisnya. Maka peran anak-anak milenial sangat dibutuhkan dengan inovasi-inovasinya untuk bisa menghadapi Revolusi Industri 4.0,” kata Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasiona, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan bahwa terjadi perubahan dalam struktur kehidupan manusia karena perkembangan teknologi digital, termasuk di dunia industri.

“Sejak 2018, perusahaan besar yang menguasai pasar dunia adalah perusahaan yang berbasis teknologi. Artinya, di masa depan, kalau kita ingin menang dalam persaingan maka industri di Tanah Air mesti diarahkan pada industri berbasis teknologi,” jelas Bambang yang menjadi keynote speaker menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

Sebagai bagian dari komponen bangsa, Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) yang beranggotakan 39 perguruan tinggi negeri seluruh  Indonesia berkomitmen menjadi garda terdepan dalam membangun negeri, yakni  membangun kapasitas sumber daya manusia, mendorong inovasi, dan mengutamakan  industrialisasi untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang maju.

Sejumlah program  kerja unggulan Himpuni dirancang untuk  dapat  mencapai  tujuan  organisasi serta memberikan  manfaat  bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu  program unggulan tersebut adalah seminar dan dialog nasional tematik yang diselenggarakan di sejumlah  kota dengan menghadirkan sejumlah  narasumber  dari berbagai elemen seperti presiden, wakil presiden, menteri, pimpinan lembaga tinggi negara, akademisi, praktisi lintas disiplin  ilmu yang kompeten di bidangnya.

Kali ini acara seminar dan dialog nasional keempat yang digelar Himpuni di Hall D2 Jakarta International  Expo,  Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/20199), mengangkat  tema “Milenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0.”

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Uh4fw7

April 05, 2019 at 02:32AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kehadiran Revolusi Industri 4.0 Ditandai Dengan Otomatisasi dan Digitalisasi.kata Budi Karya Sumadi"

Post a Comment

Powered by Blogger.