Search

Dampak Covid-19, LPS Sebut Banyak BPR Diujung Tanduk - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyampaikan dampak dari wabah virus corona (Covid-19) membuat banyak Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang berstatus gagal. LPS menegaskan tidak memiliki opsi untuk menyelamatkan BPR karena masalah yang sudah terlalu berat.

"Kemudian, dalam konteks BPR, kita tidak memiliki opsi melakukan bisa menolong BPR. Ini dalam perhitungan yang ada agak sulit dilakukan. Karena kalau sudah masuk ke BPR, kerugiannya sudah sangat berat, yang disampaikan OJK kepada kami CAR (Capital Adequacy Ratio)-nya bisa minus 200%-300% persen, artinya sudah ada kerugian sebesar itu. Untuk BPR recovery rate-nya sangat rendah," kata Ketua LPS Halim Alamsyah, saat rapat Virtual dengan Komisi XI DPR, di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Halim menuturkan, dalam situasi seperti sekarang ini banyak yang gagal karena kegiatan bisnis tidak menguntungkan karena banyak program pemerintah yang menjadi saingan BPR. Ini membuat jumlah BPR terus menyusut, jumlahnya tinggal 1.700 perusahaan.

Status bank gagal yaitu, suatu keadaan di mana operasional bank tertentu dapat dihentikan oleh otoritas pengawasan perbankan.

Saat ini, menurut Halim, banyak Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang memberikan dana kepada DPR. Ini menyebabkan banyak sekali tagihan BPD kepada BPR.

"Ini masuk wilayah pemantauan kami. Untuk BPR, ini tentu akan kita diskusikan dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dalam hal misalnya kemungkinan terutama BI (Bank Indonesia) bisa memberikan semacam dana talangan BPR dalam kondisi sangat tidak normal, tentu ini bisa dilakukan melalui BI," tambah Halim.

Sementara untuk penguatan modal BPD, pemerintah daerah bisa mengeluarkan surat utang (municipal bond) untuk menolong BPR tersebut. Namun itu semua tergantung kesiapan BPD dan BI.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
April 09, 2020 at 05:09PM
https://ift.tt/2UTNzcD

Dampak Covid-19, LPS Sebut Banyak BPR Diujung Tanduk - CNBC Indonesia
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dampak Covid-19, LPS Sebut Banyak BPR Diujung Tanduk - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.