Search

Banyak Buruh di Jateng Kesulitan Akses Kartu Prakerja - ayosemarang.com

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM - Perwakilan serikat buruh di Jawa Tengah mengaku kesulitan untuk mengakses kartu Pakerja. Hal itu diungkapkan Ketua Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBI) Jawa Tengah, Wahyudi saat menemui Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Selasa (28/4/2020). 

Wahyudi mengatakan, mekanisme Kartu Prakerja sangat menyulitkan dan membuat banyak buruh yang tidak dapat mengakses program itu. Selain dilakukan secara online, keterbatasan pengetahuan para buruh juga menjadi penyebabnya.

AYO BACA : Pengunduran Diri Achmad Purnomo Masih Dianggap Wacana Politik

Kami minta kebijakan pemerintah agar proses pendaftaran kartu prakerja ini dipermudah. Banyak teman-teman kami yang belum melek teknologi dan kesulitan mengakses soal itu, tegasnya.

Banyak buruh lanjut Wahyudi yang tidak memiliki atau tidak bisa mengoperasikan handphone android. Sementara untuk masuk ke sistem kartu Prakerja, harus bisa memaksimalkan itu.

AYO BACA : Pertamina Salurkan 200 Paket APD di 3 RS Kota Semarang

Sudah banyak anggota kami yang mengeluh soal ini. Sulit mengakses masuk kartu Prakerja. Padahal, Kartu Prakerja bagaikan angin surga buat kami para buruh yang di PHK atau dirumahkan saat ini, tegasnya.

Wahyudi menerangkan, slama covid-19 berlangsung, ribuan buruh sudah di PHK atau dirumahkan tanpa adanya pesangon atau gaji yang diperoleh. Di serikat buruhnya saja, setidaknya ada 2000 buruh yang di PHK atau dirumahkan. 

Kami berharap ada bantuan dari pemerintah karena kami semua kesulitan dalam kondisi ini, kata dia.

Persoalan lain yang disampaikan mengenai jaminan kesehatan dan jaminan hari tua yang dikelola BPJS. Menurutnya, akibat covid-19 ini, banyak perusahaan yang nunggak bayar BPJS kesehatan sehingga buruh kesulitan mendapat akses itu.

Termasuk kami juga minta pencerahan, apakah kami yang di PHK atau dirumahkan bisa mencairkan jaminan hari tua (JHT) untuk menopang kehidupan kami. Kami sangat berharap dukungan pemerintah, termasuk adanya bantuan langsung tunai kepada kawan-kawan yang terdampak, pungkasnya.

AYO BACA : Jadwal Salat dan Buka Puasa Senin 27 April 2020 di Kota Semarang

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
April 28, 2020 at 01:02PM
https://ift.tt/2Sbr0yE

Banyak Buruh di Jateng Kesulitan Akses Kartu Prakerja - ayosemarang.com
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banyak Buruh di Jateng Kesulitan Akses Kartu Prakerja - ayosemarang.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.