Search

Makin Banyak Anak Muda Kena Penyakit Jantung & Hipertensi, Ini Penyebabnya - Suara.com

Suara.com - Penyakit hipertensi dan jantung sebelumnya identik dialami oleh orang berusia 50 tahun ke atas alias lanjut usia (lansia). Namun, seiring waktu kedua penyakit itu juga rentan dialami yang orang-orang yang masih berusia muda.

"Sekarang yang hipertensi dan korener banyak banget yang muda. Biasanya kan umur 30-40 gak mikir sakit jantung. Sekarang umur 33-35 banyak yang masuk IGD sampai pasang ring," kata Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Rina Ariani dalam Talkshow online 'Puasa, Jantung, & Hipertensi,' dalam kanal YouTube Violad Studio, Rabu (29/4/2020).

Kondisi ini terbilang baru jika dibandingkan degan lima atau sepuluh tahun lalu. Lantas apa yang menjadi penyebabnya?

Ilustrasi pemeriksaan hipertensi. (Shutterstock)

Menurut Rina, penyebab paling sering anak muda terkena hipertensi dan jantung karena faktor gaya hidup yang tidak sehat. Padahal umumnya, penyebab kedua penyakit itu disebabkan karena faktor resiko seperti obesitas, kolesterol, merokok, juga keturunan darah tinggi dan jantung.

"Gara-gara lifestyle biasanya, makanan, kurang aktivitas. Jadi yang kita kerjakan sehati-sehari," ucapnya.

Meski begitu faktor keturunan tak selalu akan membuat orang terdiagnosis sakit jantung dan hipertensi. Dalam kesempatan yang sama, Ahli gizi Arti Indira mengatakan gaya hidup sebenarnya menjadi kunci teehindar dari kedua penyakit itu.

"Faktor genetik tapi bisa dimodifikasi dari faktor gaya hidupnya. Kalau punya gen yang membawa sifat hipertensi dan jantung tapi gaya hidup kita baik, bisa aja gak jadi sakit jantung dan hipertensinya," ucapnya.

Ia menyampaikan, gaya hidup sehat cukup dengan konsumsi makanan bergizi dan kaya serat seperti sayur dan buah-buahan. Juga rutin melakukan aktivitas fisik untuk menjaga berat badan.

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
April 30, 2020 at 02:01PM
https://ift.tt/2ycl4OY

Makin Banyak Anak Muda Kena Penyakit Jantung & Hipertensi, Ini Penyebabnya - Suara.com
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Makin Banyak Anak Muda Kena Penyakit Jantung & Hipertensi, Ini Penyebabnya - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.