Search

Tips Chatib Basri Kelola Keuangan saat Corona: Harus Banyak Cash - Katadata.co.id

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Sejumlah ahli memperkirakan pandemi virus corona masih terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri pun memberikan tips kepada masyarakat dalam menjaga keuangannya, yaitu meningkatkan ketersediaan uang tunai.

"Misalnya kalau harus menetap dalam waktu panjang di rumah, sumber dana bisa habis. Jadi harus banyak cash karena cash is the king," kata Chatib dalam Live Stream Fest, Sabtu (4/4).

Masyarakat perlu menahan penggunaan uang tunai untuk hal yang terlalu diperlukan. Uang tunai tersebut perlu dipersiapkan bila sewaktu-waktu ada peluang, seperti investasi pada waktu yang tepat.

(Baca: Chatib Basri Lihat Peluang Bisnis Startup di Tengah Pandemi Corona)

Waktu yang tepat untuk investasi di pasar saham ketika harga sudah sangat murah. Namun, ia memperkirakan harga saham saat ini belum mencapai level terendahnya. 

Hingga penutupan perdagangan pekan ini, IHSG tercatat anjlok lebih dari 25% sepanjang tahun ini. Indeks bahkan sempat menyentuh level 3.989, tetapi kembali berhasil menguat dalam dua pekan terakhir ke posisi Rp 4.623.

Jika investor membeli saham saat harga terendah, investor akan memperoleh keuntungan yang cukup besar. Adapun saham yang dibeli disarankan terbatas pada perusahaan yang masih tumbuh.

"Saat ini sebagian besar perusahaan belum ada pertumbuhan karena diimbau bekerja dari rumah," ujar dia.

Meski begitu, sejumlah perusaahaan pada sektor farmasi mengalami peningkatan.

(Baca: Pemerintah Sebar 7.000 APD dan 150 Ribu Masker ke Tenaga Medis Corona)

Chatib memperkirakan, pemulihan ekonomi Indonesia dapat terjadi secara perlahan atau membentuk kurva seperti huruf U. Hanya saja, ia tak bisa memprediksi butuh waktu berapa lama mengembalikan ekonomi ke kondisi normal. 

Ia juga memperkirakan, hampir seluruh sektor akan mengalami pemulihan secara bersamaan jika kondisi ekonomi makro sudah normal. Pemulihan paling cepat diperkirakan terjadi pada sektor yang fleksibel, seperti sektor memanfaatkan teknologi internet.

"Sementara sektor manufaktur membutuhkan waktu untuk kembali pulih mengumpulkan sumber daya manusia," kata dia.

Hingga Sabtu (5/4), terdapat 2.092 kasus positif virus corona di Indonesia. Sebanyak 191 orang meninggal dunia dan 150 orang berhasil sembuh. Grafik peningkatan jumlah kasus dapat dilihat dalam databoks di bawah ini. 

Reporter: Rizky Alika

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
April 05, 2020 at 07:39AM
https://ift.tt/2R6AASP

Tips Chatib Basri Kelola Keuangan saat Corona: Harus Banyak Cash - Katadata.co.id
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Chatib Basri Kelola Keuangan saat Corona: Harus Banyak Cash - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.