Search

Banyak Jimat dan Joki dalam Tes CPNS, BKN Sindir dengan Meme - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengkritik sejumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang masih mengandalkan jimat hingga joki agar lulus. Panitia menyindir peserta tersebut dengan membuat meme Parah-sih.

Meme tersebut sejatinya merupakan pelesetan dari film karya sutradara Bong Joon-ho berjudul Parasite. Film peraih penghargaan Oscaritu itu meledak di bioskop di Indonesia setelah memenangi Oscar 2020. Masyarakat kemudian beramai-ramai membuat meme Parah-sih sebagai bentuk kritikan pada suatu hal.

"Mintanya seleksi CPNS yang transparan dan kompetitif, nggak tau nya masih ada saja yang coba-coba pakai jimat, calo sampai joki, PARAH-SIH,” tulis akun Twitter BKN, Rabu 26 Februari 2020.

Dalam unggahan tersebut, BKN turun menampilkan sejumlah meme terkait penyelenggaraan SKD termasuk di Pekanbaru dan Palembang. Meme tersebut menulis beberapa kalimat sindiran. Misalnya: “Ketauan bawa jimat saat ujian?? Parah-Sih”. “Hari gini ujian masih bersekutu dengan Joki? Parah-sih”. atau “Hari gini masih ngeraguin CAT BKN?? Parah-Sih.”

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan selama pelaksanaan seleksi SKD, panitia berulang kali menemukan sejumlah benda aneh yang digunakan sebagai jimat. “Banyak kami temukan jimat. Banyak foto tentang jimat yang digeledah. Jin-nya juga tidak mengerti komputer ngapain pakai jimat,” katanya, Kamis 20 Februari 2020.

Panitia tes CPNS pun tidak segan untuk mendiskualifikasi para peserta. Seperti kesalahan formasi, hingga ketahuan menggunakan joki. “Kita tangkap beberapa Joki di Sulsel. Tiap tahun selalu ada di sana kami tangkap. Ini sepertinya profesional penyedia jasa profesional dengan elektronik yang hebat. Kami tangkap dan menyerahkan ke kepolisian untuk ditindaklanjuti,” tutur Bima.

BISNIS

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
February 26, 2020 at 02:21PM
https://ift.tt/2w9GOJL

Banyak Jimat dan Joki dalam Tes CPNS, BKN Sindir dengan Meme - Tempo
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banyak Jimat dan Joki dalam Tes CPNS, BKN Sindir dengan Meme - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.