Search

Fakta Terkini SKD CPNS, Ternyata Banyak yang Tak Hadir - Okezone Economy

JAKARTA - Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 2019 kembali diingatkan untuk tidak lupa membawa persyaratan dan tidak terlambat. Hal ini bisa menggagalkan peserta untuk mengikuti tes tersebut.

Seperti tes CPNS Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat Negara yang akan segera dilakukan. Peserta diharapkan hadir di lokasi pelaksanaan SKD selambat-lambatnya 90 menit sebelum jadwal.

Berikut Okezone telah merangkum fakta terkini SKD CPNS, Sabtu (22/2/2020) :

 Baca juga: Cegah Jual Beli Jabatan, BKN Terbitkan Standar Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi

1. 62 Instansi Belum Gelar SKD CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat hingga hari ini ada sekitar 329 instansi yang sudah menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019. Angka tersebut terdiri dari 20 Instansi pusat dan 309 pemerintah daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan saat ini seleksi kompetensi dasar masih terus berlanjut. Untuk instansi pusat ditargetkan bisa rampung akhir februari dan untuk daerah ditargetkan rampung pada awal Maret.

Lalu ada 62 instansi yang belum melakukan tes sama sekali. Angka tersebut terdiri dari 6 pemerintah pusat dan 56 instansi daerah.

“Ada 62 instansi yang belum melaksanakan ujian karena memang belum jadwalnya,” kata Bima.

 Baca juga: Terkuak Fakta, Peserta Ujian SKD CPNS Masih Banyak yang Bawa Jimat

2. 130 Instansi Masih Melakukan Tes

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyatakan sebanyak 130 instansi masih melangsungkan tes. Adapun rinciannya adalah 39 instansi di pemerintah pusat dan 91 di Instansi daerah.

Nantinya lanjut Bima, pemerintah menjadwalkan tahapan SKD akan berlangsung hingga pekan pertama Maret 2020 dan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada akhir Maret – April 2020. Tentunya didahului dengan pengumuman hasil SKD pada pertengahan Maret 2020.

“Setelah ini ada pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” ucap Bima.

Baca juga: Kisah Unik dan Lucu Versi Bos BKN Selama SKD CPNS

3. 287.965 Peserta Tak Hadir SKD

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyayangkan banyak peserta yang tidak hadir dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019. Berdasarkan data BKN, ada sekitar 287.965 peserta yang tidak hadir pada tes SKD tahun ini.

Adapun rinciannya adalah 114.959 peserta yang tidak hadir di Kementerian dan Lembaga Pemerintah Pusat. Serta 173.006 peserta yang tidak hadir merupakan pelamar instansi pemerintah daerah.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, dirinya menyayangkan banyak peserta yang tidak hadir. Karena menurutnya, peserta tersebut menutup peluang peserta yang berminat dan sungguh-sungguh untuk menjadi PNS.

“Kami berharap para peserta tidak menggunakan proses CPNS untuk coba coba. Kasihan teman teman lain yang berkeinginan jadi CPNS jadi terhambat,” ujar Bima dalam acara konferensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

4. Tingkat Kelulusan Tertinggi di Yogyakarta

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, tingkat kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun Anggaran 2019 cukup tinggi. Hingga kini, angka kelulusan SKD CPNS 2019 mencapai 42,67%.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, tingkat kelulusan yang tertinggi untuk instansi di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 74,95%. Kemudian di tempat kedua ada Pemerintah Kabupaten Sleman dengan tingkat kelulusan mencapai 70,50%.

Di tempat ketiga dan keempat Pemerintah Kota Malang dan Kota Kediri dengan tingkat kelulusan masing-masing 68,65% dan 68,04%. Lalu posisi lima ada Pemerintah Kabupaten Temanggung dengan tingkat kelulusan 67,63%.

Menurut Bima, instansi dengan tingkat kelulusan tinggi ini memiliki keuntungan tersendiri. Sebab instansi tersebut mendapatkan tenaga-tenaga yang kompeten dan berkualitas.

(rzy)

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
February 22, 2020 at 06:31AM
https://ift.tt/38Pn6BB

Fakta Terkini SKD CPNS, Ternyata Banyak yang Tak Hadir - Okezone Economy
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta Terkini SKD CPNS, Ternyata Banyak yang Tak Hadir - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.