Search

Wamendes: Banyak Desa Maju Penggeraknya Anak Muda Kreatif & Inovatif - detikNews

Jakarta -

Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi meresmikan Pergerakan Tani Muda Indonesia (PETANI) di Kedai Tempo, Jakarta Timur. Dalam hal ini ia menekankan pentingnya pemuda dalam pembangunan desa.

"Banyak desa-desa yang maju dan berkembang maupun desa-desa yang mandiri itu penggeraknya anak-anak muda. Banyak desa-desa yang maju karena penggeraknya anak-anak muda, karena anak-anak muda lebih cenderung kreatif dan inovatif," ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (25/2/2020).

Budi memaparkan dampak dana desa terhadap pertanian mendorong peningkatan produksi dan pendapatan petani yang secara tidak langsung diakibatkan oleh pembangunan infrastruktur, juga usaha tani, jaringan irigasi, drainase, dan pelatihan bidang pertanian untuk peningkatan kapasitas petani.

"Kajian 33 Perguruan Tinggi Desa (Pertides) di 33 Provinsi menyebutkan jika dana desa itu beri efek positif bagi pembangunan desa di setiap provinsi. Kajian itu menyebutkan dana desa meningkatkan kemampuan, keterampilan serta perubahan sikap yang lebih terbuka terhadap inovasi pertanian," terangnya.

Selain itu, kata Budi, sebagai pemberdayaan petani, kelompok tani, BUMDes maupun koperasi merupakan manfaat peningkatan produktivitas pertanian.

"Dampak dana desa terhadap sektor pertanian adalah meningkatnya produktivitas petani," tegasnya.

Di hadapan dewan pengurus pusat PETANI, Budi berharap organisasi itu turut serta dalam pembangunan di sektor pertanian untuk desa lebih maju.

"Saya berpesan kepada Pergerakan Tani Muda Indonesia (PETANI) untuk ikut andil dalam pembangunan pertanian, pembangunan SDM dan juga untuk peningkatan kemajuan warga desa," pungkasnya.

Sebagai informasi, dialog yang bertemakan 'Bersama Anak Muda, Bangun Indonesia dari Desa dan Pertanian' itu dihadiri oleh Akademisi IPB dr. Eko Wahyono, Sri Puji Rahayu dari Kementerian Pertanian, jajaran dewan pengurus pusat PETANI dan juga para mahasiswa.

(prf/ega)

Let's block ads! (Why?)



"banyak" - Google Berita
February 25, 2020 at 11:26AM
https://ift.tt/2SVvMB2

Wamendes: Banyak Desa Maju Penggeraknya Anak Muda Kreatif & Inovatif - detikNews
"banyak" - Google Berita
https://ift.tt/2ZTcKNv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wamendes: Banyak Desa Maju Penggeraknya Anak Muda Kreatif & Inovatif - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.