Search

GP Ansor Masifkan Gerakan Rabu Putih untuk Dongkrak Angka Partisipasi Pemilih Pemilu 2019

TRIBUNNEWS.COM, SALATIGA - Menyikapi tingkat partisipasi masyarakat yang dinilai rendah terutama daerah di Jawa Tengah berbatasan dengan Jawa Barat seperti Cilacap, Brebes, dan Tegal, Gerakan Pemuda (GP) Ansor memasifkan gerakan Rabu Putih.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, gerakan Rabu Putih bertujuan menyukseskan Pemilu 2019.

Dikatakannya, gerakan tersebut penekannya ialah mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang.

“Karena itu, GP Ansor akan memasifkan gerakan Rabu Putih di daerah yang tingkat partisipasinya rendah. Kami memiliki data angka partisipasi itu,” terangnya kepada Tribunjateng.com, saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) GP Ansor Jateng di Pondok Pesantren (Ponpes) Edi Mancoro, Tuntang, Kabupaten Semarang, Minggu (31/3/2019).

Karenanya kata dia, GP Ansor selain meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019, gerakan Rabu Putih juga untuk membantu TNI-Polri dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi.

GP Ansor lanjutnya, akan pro aktif dalam menjaga kondusivitas keamanan dan mengantisipasi upaya provokasi serta intimididasi yang dilakukan kelompok tertentu.

Gus Yaqut menyatakan, GP Ansor sudah mencium adanya intimidasi dan provokasi dari kelompok tertentu yang bisa mengganggu kondusivitas keamanan dan upaya penggunaan masjid untuk tempat berpolitik.

"Seperti hari ini, saya membaca di media ada statement dari Amin Rais misalnya. Dia bilang akan menggunakan masjid untuk berpolitik. Bahkan, dia ngomong yang tidak memperbolehkan masjid untuk berpolitik, tidak paham Islam. Nah, kayak begini kan tanda-tanda masjid akan digunakan untuk berpolitik,"katanya.

Disinggung mengenai langkah dilakukan, Gus Yaqut menjelaskan, anggota GP Ansor yang berjumlah 4,7 juta orang akan memantau kegiatan dan informasi beredar di masyarakat.

Jika ada gerakan mengarah ke intimidasi dan provokasi sebutnya, diharap segera melapor ke petugas aparat keamanan agar hal tersebut bisa secepatnya ditangani.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2HNYZcH

March 31, 2019 at 08:14PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "GP Ansor Masifkan Gerakan Rabu Putih untuk Dongkrak Angka Partisipasi Pemilih Pemilu 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.