Search

Hashim Djojohadikusumo Ungkap Latar Belakang Agama Keluarganya yang Beragam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sekaligus adik kandung capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo menceritakan latar belakang agama keluarganya yang beragam di acara Vox Point Indonesia bertajuk "Isu Kebebasan Beragama Sepi di Panggung Pilpres" di Sekolah Santa Maria, Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Di hadapan Ketua Umum PSI Grace Natalie, Wakil Ketua TKN Johnny G Plate dan puluhan jemaah Katolik dan Nasrani, Hashim bercerita panjang lebar soal keberagaman agama di keluarganya untuk meyakinkan sang kakak tidak akan mendirikan negara khilafah atau negara Islam.

Hashim memulai dengan kisah Prabowo yang lahir dari rahim Dora Marie Sigar, wanita asal Manado yang memeluk agama Kristen. Sementara sang ayah adalah Prof Dr Soemitro Djojohadikoesoemo, seorang ekonom yang lima kali menjabat sebagai menteri di era Soekarno dan Soeharto.

"Saya mau sampaikan karena banyak orang nasrani bingung dan bengong baru tahu prabowo lahir dari seorang ibu kristiani, lahir dan meninggal sebagai seorang Kristen," ujar Hashim.

Baca: Kenakan Kain Sarung di Turki, Arie Untung Diperlakukan Begini Oleh Warga Setempat: Buru-buru Kabur

"Kalau perlu jelaskan latar belakang kami, Prabowo adalah seorang haji, anak ketiga dari Rade Mas Soemitro, cucu dari Radenmas Djojohadikusumo yang disebut founding founders RI adalah kakeknya Prabowo. Dia anggota BPUPKI, jadi komitmen jaga Pancasila sudah jelas," tambahnya.

Putra bungsu dari empat bersaudara itu meyankinkan Prabowo tidak akan mengkhianati keluarganya untuk mendirikan negara khilafah. Prabowo, menurut Hashim, berjanji untuk menjaga Pancasila sebagai dasar negara.

Apalagi dua dari paman, atau anak dari Radenmas yang juga pendiri BNI 46 itu, gugur dalam peristiwa Pertempuran Lengkong: Kapten Anumerta pada 25 Januari 1946.

"Dari yang dikatakan Prabowo semalam (saat debat capres), pancasila akan dipertahankan dengan jiwa raganya dan nyawanya. Keluarga kami sudah bayar dengan darah," ucapnya.

Hashim juga sempat membahas isu diskriminasi terhadap anggota gereja GKI Yasmin Bogor yang tak kunjung terselesaikan. Terlahir dari keluarga yang agamanya beragam, Hashim yakin Prabowo akan memperjuangkan hak rakyat untuk beragama dan berkeyakinan di Indonesia.

"Saya adalah pendukung utamanya, penyandang dana utamanya dan saya ridak mungkin mendukung kandidat capres cawapres mau dirikan negara khilafah," ujar pria pemeluk agama nasrani itu.

"Maka sekali lagi dikatakan tidak mungkin Prabowo mengkhianati eyang-eyang ibunya dan saya sebagai adik kandungnya. Dia sudah berpuluh tahun 5 kali hampir mati bela pancasila," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TLjHLG

March 31, 2019 at 08:35PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hashim Djojohadikusumo Ungkap Latar Belakang Agama Keluarganya yang Beragam"

Post a Comment

Powered by Blogger.