Search

Yang Dikritisi Anji Soal Draf RUU Permusikan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Firmansyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini RUU Permusikan jadi gunjingan di kalangan musisi Tanah Air.

Ada beberapa pasal yang dianggap menghalangi kreativitas dari musisi dalam menciptakan semua lagu.

Salah satu musisi tanah air Erdian Aji Prihatanto atau Anji merasa bukan RUU-nya. Namun, draf RUU yang menjadi pro kontra sebagian musisi.

Menurut mantan vokalis band Drive ini ada dua hal yang dikritisi oleh para musisi.

"Salah satunya pasal 5 dan 50 yang berkaitan dengan cara menciptakan musik dan buat beberapa musisi itu agak aneh," ujar Anji di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Anji sendiri merasa seharunya RUU permusikan bukan mengatur bagaimana cara berkreasi namun bagaimana melindungi hak dan kreasi itu.

"Itu yang lebih penting dan undang-undangnya kan sudah ada sebenarnya, tapi tinggal disempurnakan, juga tinggal dijalankan," katanya.

Selain itu juga pasal 32 yang bertujuan untuk menguji kelayakan seorang musisi, pria berumur 40 tahun itu merasa tidak semua musisi bisa melakukan hal itu.

Baca: Selain Glenn Fredly, Musisi Lain Juga Ikut Merespon Positif RUU Permusikan

"Setahu saya ada tiga, madya-menengah-utama. Jadi ada yang memainkan lagu, membaca not balok dan yang menuliskan not balok. Saya rasa tidak semua musisi bisa melakukan itu," kayanya.

"Apakah kalau kita tidak bisa mengikuti itu, jadi kita tidak diakui profesinya sebagai musisi. Itu buat kami para musisi yang mengkritisi, itu adalah hal yang perlu diperhatikan dan juga beberapa pasal lainnya," lanjutnya.

Namun, meski kedua pasal itu mengundang banyak kritikan, menurut Anji keduanya masih dapat diperbaiki lagi dan ia merasa pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap dunia musik.

"Tapi hal kedua yang perlu diingat adalah ini masih draf RUU dan DPR membuka kesempatan para musisi untuk mengkritisi dan mengapresiasi draf RUU Permusikan itu."

"So, jadi kita harus hargai juga bahwa mereka juga memperhatikan lebih dunia musik," katanya.(*)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2BebSb2

January 31, 2019 at 07:42PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yang Dikritisi Anji Soal Draf RUU Permusikan"

Post a Comment

Powered by Blogger.