Search

Apakah Donald Trump keluarkan dana iklan Rp14 miliar per minggu agar terpilih lagi?

Seorang bakal calon kuat Partai Demokrat AS, Elizabeth Warren, pada pemilihan presiden tahun 2020 mengecam iklan di media sosial yang dilakukan tim kampanye Presiden Donald Trump, dengan menggarisbawahi besarnya dana yang dikeluarkan.

Tim Pemeriksa Fakta/Reality Check BBC yang mengkaji fakta dan pernyataan di balik sebuah berita, menyelidiki apakah Warren memang mengatakan suatu kebenaran terkait dengan dana iklan Trump.

Klaim: Kampanye Trump mengeluarkan dana US$1 juta atau Rp14 miliar per minggu lewat iklan facebook, kata Senator Elizabeth Warren.

Kesimpulan: Benar. Dalam satu bulan terakhir, kampanye Trump telah membelanjakan sekitar US$1 juta untuk iklan, meskipun dalam seminggu terakhir jumlahnya telah berkurang.

Bakal calon Demokrat yang paling banyak mengeluarkan dana, filantropis miliarder Tom Steyer, mengeluarkan seperempat jumlah tersebut dalam sebulan terakhir.

"The Trump campaign is currently spending $1 million a week on ads including ones containing known lies—ads that TV stations refuse to air because they're false. ", Source: Elizabeth Warren, Source description: US Senator, Image: Elizabeth Warren

Senator Warren juga mengecam Facebook karena menerbitkan iklan-iklan yang dirinya pandang berisi informasi tidak benar.

Kebanyakan iklan pada laman Presiden Trump berisi kecaman terkait penyelidikan pemakzulan yang sedang berjalan.

Biaya keterbukaan

Facebook sekarang memberikan informasi tentang semua iklan yang diterbitkan pada platform sosial media mereka.

Facebook mulai mengungkapkan informasi ini sebagai usaha untuk meningkatkan keterbukaan.

Dengan melihat Ad Library, Anda dapat melihat siapa yang membiayai iklan, laman mana yang mengeluarkan dana, perkiraan biaya dan berapa banyak iklan yang ditempatkan.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2onrdTD

October 28, 2019 at 07:27AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apakah Donald Trump keluarkan dana iklan Rp14 miliar per minggu agar terpilih lagi?"

Post a Comment

Powered by Blogger.