Search

Atasi Kekeringan di 3 Waduk, Pemprov Jabar Lakukan Operasi Hujan Buatan

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengantisipasi bencana kekeringan lahan dan keringnya 3 waduk di wilayahnya dengan hujan buatan.

Ketiga waduk yang saat ini kering adalah Waduk Saguling, Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur.

Hujan buatan dilakukan melaluiTeknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bekerja sama dengan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Operasi hujan buatan dimulai di area ketiga waduk pada Jumat (25/010//2019) lalu.

Potensi awan hujan yang disemai garam atau Natrium Klorida (NaCl) pun sudah muncul setelah dimulainya penyemaian perdana.

Tribunnews pun menghubungi Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA) BPPT Yudi Anantasena yang mengatakan bahwa potensi awan tersebut memang telah muncul di wilayah Bandung.

BPPT bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melihat adanya potensi awan hujan pada Sabtu dan Minggu kemarin.

Ia menjelaskan bahwa tim TMC yang ada di lapangan pun terus melakukan update informasi terkait perkembangan operasi ini di kawasan tersebut.

"Untuk wilayah Jawa Barat, kemarin saya lihat potensi awan di Bandung sudah ada. Potensi terbesar sebetulnya dari potensi harian kita bersama BMKG (diprediksi) hari ini (Sabtu) atau besok (Minggu) bisa hujan, dan tim kami tiap sore melakukan laporan harian," ujar Yudi, saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (26/10/2019).

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/31T1Oi8

October 28, 2019 at 07:29AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Kekeringan di 3 Waduk, Pemprov Jabar Lakukan Operasi Hujan Buatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.