Search

Menlu Retno Marsudi di Akhir Jabatannya: Perang Dagang Bisa Bergeser ke Konflik Militer

MENJELANG pergantian Kabinet Kerja Jilid I, mucul wacana mengubah nomenklatur Kementerian Luar Negeri menjadi Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri.

Alasannya, para duta besar dan diplomat Indonesia di luar negeri dapat sekaligus menjalankan peran mengurus perdagangan luar negeri dan menarik investor.

Apakah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pernah dimintai pendapat soal wacana itu oleh Presiden Joko Widodo?

Berikut lanjutan petikan wawancara tim Tribunnews Network dengan Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jl Pejambon, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Baca: Tes Kepribadian: Pilih 1 Gambar Segitiga di Bawah Ini, Ungkap Kamu Termasuk Perfeksionis atau Lugas

Tribun: Apakah belakangan ini Anda pernah diajak berdiskusi oleh Presiden Jokowi mengenai lembaga ini (Kementerian Luar Negeri RI) ke depannya?

Kami tidak bicara secara khusus membahas hal itu. Namun kami selalu memberikan masukan-masukan kepada Bapak Presiden.

Tribun: Menurut Ibu, lebih baik seperti sekarang ini atau Kementerian Luar Negeri secara formal diubah nomenklaturnya Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri?

Saya tidak mau mendahului keputusan presiden. Tidak etis. Hal yang penting bagi saya adalah diplomasi ekonomi penting untuk diperkuat. Di negara manapun diplomasi ekonomi sedang diperkuat.

Tribun: Menurut Anda perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok apakah secara nyata mengganggu kondisi ekonomi RI?

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Gedung Kementrian Luar Negri, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). Pada kesempatan tersebut Retno menceritakan suka dukanya selama 5 tahun terakhir menjabat sebagai Menteri Luar Negri. Tribunnews/Jeprima
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Gedung Kementrian Luar Negri, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). Pada kesempatan tersebut Retno menceritakan suka dukanya selama 5 tahun terakhir menjabat sebagai Menteri Luar Negri. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Mereka berdua adalah dua raksasa. Kalau dua raksasa bertarung pasti kita kena imbasnya.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/32e19Jg

October 14, 2019 at 09:03AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu Retno Marsudi di Akhir Jabatannya: Perang Dagang Bisa Bergeser ke Konflik Militer"

Post a Comment

Powered by Blogger.