Search

Warga Losari Brebes Ancam Blokade Jalan Tol , Ini Masalah yang Dituntut Warga

TRIBUNNEWSC.OM, BREBES - Warga di Kecamatan Losari, Brebes, meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung agar segera memperbaiki tanggul Sungai Cisanggarung. Warga khawatir jika banjir besar yang terjadi tahun lalu alan terulang kembali.

Kepala Desa (Kades) Karangsambung, Losari, Nurohman mengatakan, tanggul Sungai Cisanggarung yang berada di Kecamatan Losari telah dibuatkan tanggul darurat oleh warga usai jebol dan mengakibatkan bencana banjir, tahun lalu. Akibatnya, ratusan warga terpaksa mengungsi.

"Saya udah bingung mau kemana lagi minta bantuan perbaikan tanggul yang rusak ini. Kami sudah berkali-kali menyampaikan permintaan itu," katanya dalam audiensi yang digelar di ruang Asisten I Setda Brebes, Kamis (28/2/2019).

Ancaman blokade jalan tol tersebut, katanya bukan tanpa alasan. Selama ini warga dihantui ketakutan jika sewaktu-waktu tanggul jebol ketika hujan turun dengan intensitas tinggi.

Terlebih, pihak desa juga sudah beberapa kali mengajukan surat permohonan perbaikan tanggul ke pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung. Akan tetapi, hingga kini surat tersebut belum ada balasannya.

"Warga sudah berencana akan memblokade jalan tol. Itu bukan apa-apa, agar pemerintah pusat mengetahui kondisi ini dan permintaan perbaikan tanggul segera direalisasikan," tegasnya.

Selama ini, warga bersama pihak desa telah swadaya melakukan perbaikan tanggul yang kondisinya sudah darurat. Hanya saja, dana yang digunakan juga terbatas sehingga hanya bersifat sementara.

"Bukannya apa-apa, untuk membangun tanggul darurat saya sudah mengeluarkan dana pribadi. Jadi saya minta pemerintah (terutama BBWS) agar secepatnya melakukan perbaikan tanggul darurat itu," pintanya.

Senada, Kades Kedungeneng, Kecamatan Losari, Margan mengatakan, warganya telah bersiap memblokade jalan tol jika dalam waktu dekat BBWS tidak merealisasikan perbaikan tanggul. Warga khawatir jika tidak segera diperbiki, tanggul akan jebol lagi dan banjir kembali merendam rumah-rumah.

"Warga sudah cukup bersabar. Tapi jika dalam waktu dekat tidak juga diperbaiki maka kita akan turun ke jalan biar sampai ke pusat," ancamnya.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2HbGfTz

February 28, 2019 at 08:35PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Warga Losari Brebes Ancam Blokade Jalan Tol , Ini Masalah yang Dituntut Warga"

Post a Comment

Powered by Blogger.